Membangun Karakter Hidup Bersih, Sehat dan Mandiri



Dingaren nih judul my postingan agak panjang and agak formal... :) ups , biasanya mumet dulu cari judul buat postingan.
Eit , itu tema seminar tadi pagi di Wisma Batari Solo..hehe ketauan nyontek judulnya ;)


 Sekitar jmenanyakanya.
 saya d kantor untuk rekapan uang, ada seorang temen nyodorkan sebuah undangan, mbak Riks ,ni ada undangan dari dikpora kota ada acara seminar mau nggak? Biasany dikau suka ikut , saya ambil saya baca tema s seminarnya wah menarik nih, saya tny ke temen : hari apa pak? Padahal undangan udeh di tangan saya..hedeh..masih tnya. Hari ini (21 Mei ) mbak ,jwb temen saya, ooo , Wah saya inget ada janji mau jemput seorang temen dari jogja di stasiun untuk ngantar takziyah.. Hmm..tapi gak papa lah telat dikit karena acar jam 10, saya harus jemput dari purwosari juga jam 10, ntar bisa jadi racer pikir saya begitu.

Saya coba buka whatsap,eee Mak irul yang mau saya jemput,udah kirim pesan bahwa d cancel ke solonya karena suami beliau mau ke jakarta, iya deh gapapa, ya sedih tapi ya lumayan lega jadi ntar gak kemrungsung.

Di undangan tertulis buat dua orang, iya deh..sapa ya yang mau..sebenarnya ada dua temen yang mau, hiks..tapi saya juga pngen ikut, akhirya saya ajak my patner.. ah sekali kali ngajak my patner..yuk dek ikut sama mbak dapat ilmu..or semoga aja dapat dorprize..hahahaha.niatnya udeh mbelok nih.
kami berdua berangkat boncengan,karena belum tahu tempat persisnya..Alhamdulillah dapat
Registrasi jam 9.30 kami datang tepat waktu, kami regristasi ,saat regristasi kami dapat makalah, agenda tuperware dan pulpen tuperware dan tak lupa no dorprize..Alhamdulillah.

Kami dapat tempat duduk, saya buka undangan lagi karena tadi gak sempat baca detil , ternyata ini program kerjasama Dikpora kota Solo dengan Tuperware dengan program : Aku Anak Sehat 
"Aku Bersih,Aku Sehat ,Aku Hebat " , dengan pembicaranya wow banget : 
  1. Theresia irawati, kemenkes RI
  2. Prof.Dr.H.Arief Rachman,M.Pd
  3. Dr.Rose Mini A.P.M.Psi
  4. Etty Retnowati,SH.MH
Dengan MC : Harsya Subandrio..

Kayak gak asing dengan nama- nama di atas..tapi masih gak ngeh juga, acara dimulai jam 10.30 tepat..ah benar MC nya wajah gak asing, karena memang seorang pembawa acara d TV swasta.. 
Acara di mulai  oleh manager dari Tuperware mbak Mia, senyumnya yang selalu merekah, beliau bak Mia menjelaskan  bahwa program : Aku Anak Sehat
"Aku Bersih,Aku Sehat ,Aku Hebat " sudah berlangsung sejak tahun 2007 di mulai dari kota Jakarta, semula berawal dari kasus banyaknya makanan atau jajanan yang tidak sehat di sekitar anak - anak kita,banyak pengawet,pemanis,pewarna,borakz,formalin dsb. Dan program ini yaitu sebuah program membudayakan anak -anak mencuci tangan sebelum makan dan membuang sampah di tempat sampah, di Sekolah-sekolah Dasar dengan memberikan tempat cuci tangan /wastafel dan tempat sampah.
Tahun 2014 ini Alhamdulillah Solo mendapatkan program ini dari tuperware,dimana setiap sekolah mmengajukan sekolahnya untuk mendapatkan program tsb.
Acara pun di buka dengan pemotongan pita di atas wastafel oleh mbak Mia dan Ibu Etty ( Dikpora ).


Setelah Mbak Mia ,kemudian Acara di lanjutkan sambutan dari Dikpora Kota ibu Etty Retnowati,SH,MH.

Ibu Theresia Irawati,SKM,M.Kes
Ok acara inti dimulai dengan pembicara pertama ibu Theresia Irawati,SKM,M.Kes beliau dari Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes RI , sayang gak ada foto beliau tadi, karena tadi acara di mulai lansung senam dulu, senamnya lucu..saya ketawa terus lihatnya..sampai lupa njepret yang sedang senam..xixixi.
Ibu Theresia menjelaskan tentang " PHBS dalam  Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anak Sekolah".
Beliau menjelaskan :
  • Dasar pertimbangan alias undang - undang yang mengatur Kesehatan,
  • Permasalahan yang terjadi di anak usia sekolah
  • Pengertian PHBS
  • Potensi dari PHBS
  • PHBS di sekolah
  • Pembudayaan PHBS...karena pemberi materinya adalah dari Kemenkes RI jadi semua pada serius menyimak.

Di Sini beliau menjelaskan permasalahan -permasalahan yang terjadi di anak usia sekolah begitu kompleks dimana dimulai dari :perilaku yang salah dari gizi yang tidak seimbang,kebiasaan jajan yang salah,tidak sarapan padahal sarapan itu sangat penting sebelum anak berangkat sekolah,makan tidak teratur ,anak balita sudah merokok,saat hamil ibunya tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi,kurangnya pengetahuan orang tua tentang kesehatan, usia anak sekolah masa rawan terserang gangguan berbagai penyakit,peranan sekolah yang belum optimal, banyak sekolah tidak sehat,dukungan kebijakan PHBS sekolah kurang.Promosi kesehatan di sekolah,Budaya CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun ) , Kawasan Tanpa Rokok baik kepala Sekolah,Guru,Staf,Penjaga Sekolah,Murid dan Orang Tua di wilayah Sekolah.




Prof.Dr.H.Arief Rachman,M.Pd
Yang paling saya ingat dari beliau adalah yang terpenting dari sekolah yaitu suuuuuasana ..walaupun gurunya pintar tapi tidak bisa membuat suana yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak akn membuat materi tidak masuk..so para guru buat suuuuasana kelas menjadi hidup.


Dr.Rose Mini,A.P,M.Psi
Beliau memeberikan beberapa hal tentang bagaimana psikologis Anak-anak sekolah, kita sebagai guru dan orang tua harus segera tanggap saat melihat anak-anak lain dari biasanya harus segera dekati dan menanyakanya.

Ety Retnowati,SH.MH
Waktu itu beliau di wakilkan karena ada keperluan dan beberapa materi yang dterangkan sayang waktu itu saya sudah mulai tidak konsen mengikuti karena sudah mau asar.

Penutup
Akhirnya acara berakhir dan tentu banyak ilmu yang saya dapatkan baik dari panitia dan dari para narasumber, dorprise dari tupperware ( hiks sayang sekali tak satupun saya dapatkan..huwaa.. #lebay dah ), tapi Alhamdulillah ternyata sebelum pulang kami dibagikan formulir untuk mendaftarkan sekolah masing-masing untuk bisa mengikuti program Ini,dan saat pengembalian formulir setiap peserta mendapatkan bingkisan satu tas dan tempat minum...wow keren..Alhamdulillah dapat rizky..hehe.
Pokoknya gak menyesal ikut acara ini..T.O.P BGT deh ;)

Tulisan ini sebenarnya sudah lama saya tulis saat setelah acara ini berlangsung tapi kemudian tidak lanjutkan dan selesaikan kemudian saya jadikan tabungan tulisan dulu siapa tahu ingin melanjutakan dan hari ini tanggal 24 Agustus 2014 saya lanjutkan kembalii...lama yaa... ;) 

Semoga bermanfaat 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membangun Karakter Hidup Bersih, Sehat dan Mandiri"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di akarwangi.com .
Silahkan tinggalkan komentar yang baik, sopan dan bijak.
Komentar yang menyertakan link hidup dan spam saya hapus.
Semoga silaturahim terjaga dan membawa manfaat