Sopan Santun

Berawal dari sebuah obrolan dengan seorang teman, tentang melihat fenomena sekarang yang dimana sopan santun begitu kurang untuk anak-anak jaman sekarang.
Ketika ada siswa mengatakan : yo us, ketika seorang guru meminta tolong mengambilkan sesuatu.
Atau ketika bertamu, rombongan anak gadis ke rumah temannya, kemudian di waktu pulang tidak pamitan dengan ibu yang punya rumah ( ibu temannya )

Atau saat kita berkendaraan d jalan kecil ada orang tua sedang duduk-duduk atau ada oranglain yang sedang duduk-duduk tak ada salahnya kita memeberi salam : ngapunten pak/bu/mas/mbak, nuwun sewu,nderek langkung ,permisi,.dsb.
Masih inget jamanku kuliah,setiap weekend adikku dan temen-temennya suka kumpul-kumpul d depan rumah nah selalu ada tetangga rumah RT lain diboncengin sama pacarnya..nah selalu gak bilang sesuatu kalau lewat  padahal mereka melewati adikku dan temen-temennya..sampai akhirmya adikku n temen-temenya bilang : kapan2 kita gembosi aja motornya..jan gak punya sopan santun...
Hey..lihat ini yang ngomong masih muda-muda lhoh..mereka juga tahu kalau melewati seseorang setidakny ucapkanlah : ngapunten/monggo mas..simple kan daripada terjadi sesuatu..oops. :) 

Ketika kita salah maka jadilah seseorang yang pemberani berani meminta maaf karena atas kesalahan yang kita perbuat dan berterima kasihlah ketika ada orang yang memeberi kita baik barang, nasehat,teguran dsb.

itulah beberapa hal tentang sopan santun, semoga nanti kita bisa bersama- sama belajar sopan santun yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari dan "juweh" kepada putra putri kita tentang masalah sopan santun ini yang sesuai dengan aturanNya dan contoh dari Rasulullah SAW dan" urf" dari daerah masing-masing yang tanpa menyalahi aturanNya (syirik).

Tak perlu saling menyalahkan kenapa kita, anak-anak muda ataupun anak-anak kita masih kurang sopan santunnya, mulai dari sekarang dan mulai dari diri kita dan keluarga kita dan berusaha mencontoh orang-orang yang sudah berusaha mnerapkannya dan bisa saling share dan saling mengingatkan.
"kecuali orang - orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran" ( QS. Al-`Ashr : 3 ~ Ter.)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sopan Santun "

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di akarwangi.com .
Silahkan tinggalkan komentar yang baik, sopan dan bijak.
Komentar yang menyertakan link hidup dan spam saya hapus.
Semoga silaturahim terjaga dan membawa manfaat