Tips Menyalakan Bara Api Arang di Anglo yang Aman untuk Anak


Setiap Idul Adha pasti tak lepas dari yang namanya membuat sate,  karena itu sudah tradisi buat orang Indonesia apalagi orang Jawa, "kalau gak nyate gak afdhol"...celetukan beberapa teman. Tradisi itu juga ada pada keluarga kami, hampir setiap tahun saat Idul Adha maka kami akan buat sate dengan anak-anak, entah dapat daging sedikit atau banyak tapi tradisi itu selalu kami lakukan, karena anak-anak suka. Sepertinya si bukan suka satenya karena emaknya gak pandai buat bumbu sate tapi karena serunya saat menyalakan bara api di anglo / tempat bakar satai atau saat "ngipasi" arang agar jadi bara api dan juga kebersamaan keluarga.

Berbicara mengenai bara api atau menyalakan bara api arang di anglo ini sedikit tips dari saya ,yang sudah dua tahun ini kami lakukan dan hasilnya selalu berhasil, karena sebelum-belumnya, kami kalau buat bara api arang selalu sampai berjam - jam, dari banyaknya minyak tanah, menghabiskan kertas koran atau buku tulis, menghabiskan korek , pegal ngipasi dsb.

Baiklah ini dia tips menyalakan bara api arang di anglo / tempat bakaran sate : 
1.Siapkan anglo (tempat bakaran sate ) , arang, korek api, lidi /ranting kayu , kertas ,kipas bambu /kipas angin.
  
2.Masukkan lidi ( dari  sapu lidi di patah -patahkan )  /ranting2 kecil di lubang anglo (tempat bakaran sate )  


3.Masukkan beberapa arang d atas anglo,  jangan banyak dulu sebagai awalan 


4.Nyalakan api dengan cara membakar kertas kemudian masukkan di antara lidi / ranting kecil. 


5. Api menyala dan terus biarkan sampai Api membuat bara di arang , dan jangan sampai mati bakaran ranting /lidi tadi (terus beri jika mau mati ) dan jangan lupa kipasi .  


    6.Arang telah menjadi bara , siap masukkan arang lagi, kipasi lagi dan siap digunakan untuk membakar sate.

    1. ranting , kayu, lidi dimasukan dilubang anglo, arang di taruh di atas anglo



    Tapi , ada beberapa Warning saat membakar sate dengan anglo  yang harus diperhatikan agar tidak terjadi bahaya,  apa saja itu : 
    a. Jangan menggunakan bahan bakar minyak tanah  karena akan membuat sate bau minyak 

    b.Jangan menggunakan bahan bakar bensin karena bisa berbahaya saat menyalakan api. , bisa - bisa menyambar apinya 

    c.Jangan menggunakan spirtus, sifatnya yg sama - sama menyambar saat menyalakan api, bagi yang tidak biasa menggunakan spirtus, akan membuat kaget dan bisa - bisa botol spirtus terlempar dan mengenai orang lain atau anak - anak yang berada di sekitar, karena sudah banyak kejadian seperti ini.
    Nah inilah tips menyalakan bara api arang di anglo , dan memang Idul Adha sudah berlalu dan bagi yang masih mempunyai stok daging di frezzer dan ingin menikmati membuat sate sendiri di rumah bersama keluarga semoga ini bisa bermanfaat...mudah kan?

    Postingan terkait:

    13 Tanggapan untuk "Tips Menyalakan Bara Api Arang di Anglo yang Aman untuk Anak"

    1. Wah, makasih tipsnya. Suka sate tapi kalau mbakar sdri males bikin baranya karena suka lama. Ternyata harus pakai lidi dan ranting ya..

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya Mak..jadinya cepet jadi bara, menirukan pak sate madura

        Delete
    2. Waah,aku kemarin bakar sendiri, dan masya akah, anglonya susyah bgt dibkrnya. Makasiy tipsnya mbak :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. coba lagi mbak, buat sate lagi ...coba pake pake ranting atau lidi sapu.

        Delete
    3. Waah,aku kemarin bakar sendiri, dan masya akah, anglonya susyah bgt dibkrnya. Makasiy tipsnya mbak :)

      ReplyDelete
    4. Haduh aku kmrn bikin sate pake minyak tanah tuh.. dan pake kipas manual pula.. wkwkwk

      ReplyDelete
    5. Oooh jdpake minyak tanah bikin bauk ya mba, padahal klo pake minyak tanah cepet banget nyalanya tuh api

      ReplyDelete
    6. nice info

      Budy | Travelling Addict
      Blogger abal-abal
      www.travellingaddict.com

      ReplyDelete
    7. nice edukasi untuk anak2..klo saya juga ga pernah pake minyak..
      btw daging sapi saya masih banyak nih, gimana kalau ikutan disate bu hhehee

      Salam
      mysukmana.net

      ReplyDelete
    8. astaga itu anglo namanya, kemana aja saya selama ini -__-
      Daging di rumha masih banyak lho

      ReplyDelete
    9. Matangnya bisa rata atau tidak ya?
      terima kasih dan salam kenal

      ReplyDelete

    Terimakasih sudah berkunjung di akarwangi.com .
    Silahkan tinggalkan komentar yang baik, sopan dan bijak.
    Komentar yang menyertakan link hidup dan spam saya hapus.
    Semoga silaturahim terjaga dan membawa manfaat