Firechat Solusi Chatting [Bisa] Tanpa Koneksi Internet

chat tanpa sinyal

Akarwangi.com-Saat kita berada di ruangan yang tanpa sinyal atau ruangan baik ruang terbuka atau ruang tertutup, dimana sinyal data operator telekomunikasi dimatikan/diacak/jamming  sehingga kesulitan untuk bisa menerima data atau berkirim pesan.Misal saat ada acara sidang /rapat dsb biasanya akan dilakukan jamming (silahkan baca Jamming). Jadi ketika tidak ada sinyal data internet operator [offline], bagaimana kita untuk berkomunikasi jarak jauh?

Ketika tidak ada sinyal data internet [offline], cara berkomunikasi kita bisa menggunakan aplikasi yang dapat kita gunakan baik di Iphone (iOS) dan Android.

Di iphone menggunakan teknologi framework Multipeer untuk berkirim pesan dan android aplikasi ini menggunakan teknologi  wireless mesh networking, yaitu teknologi topografi jaringan dimana setiap nod - nodnya saling bekerja sama merelay data.



FIRECHAT
Firechat solusi ketika tidak ada sinyal data internet [offline] untuk berkomunikasi jarak jauh. Aplikasi FireChat, kita bisa berkirim pesan atau berkomunikasi jarak jauh tanpa harus menggunakan sinyal data internet operator atau jaringan seluler, atau sering disebut dengan offline.



Tipe Chating Firechat
 Aplikasi FireChat memiliki 2 pilihan mode:
  •  Everyone  memungkinkan pengguna masuk ke ruang percakapan digital bersama 80 pengguna lainnya, secara acak, di suatu negara.   
  • Nearby (lokal ) membuat FireChat mampu beroperasi dengan baik di area sekitar 30 kaki atau 10 meter dari lokasi pengguna. Area jangkauan tersebut dapat diperlebar melalui kemampuan multi-hop dari OpenGarden (pembuat aplikasi FireChat.) 

Keunggulan Fire Chat
  • FireChat disukai banyak pengguna karena juga tidak memakan biaya langganan data.
  • Aplikasi ini menggunakan koneksi bluetooth dan wifi untuk terhubung ke perangkat lain di dekatnya tanpa koneksi internet.    
  • Sulit disusupi mata-mata atau pihak lainnya, karena percakapan dilakukan di jaringan yang disebut off-the-grid 
  • Tanpa harus login atau memasukkan password tertentu 
Kekurangan :

  • Aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi antar android dengan iphone (iOS). Pengguna Android hanya bisa berkomunikasi dengan sesama pengguna Android. Sementara pemilik iPhone menggunakannya dengan sesama pengguna iPhone.
  • Sebelumnya user harus menginstall aplikasi firechat melalui appstore atau playstore
  • Jangkauan hanya 10 meter. Jangkauan akan semakin luas jika pengguna aplikasi firechat semakin banyak di lokasi tersebut. Jangkauan sambungan bisa mencapai 40 hingga 70 meter, tergantung pada kondisi. Namun, ini sudah merupakan area yang cukup besar, karena banyak ponsel dapat terhubung dengan satu sama lain sekaligus.


Cara penggunaan

Penggunaannya pun sederhana, hanya menampilkan aplikasi ini dan mulai berkirim pesan dengan masing - masing menyalakan bluetooth. Aplikasi firechat seperti Snapchat, baik foto atau pesan yang dikirim akan terhapus seketika saat pengguna menutup aplikasi FireChat. User juga bisa melakukannya secara anonim, atau tidak menyertakan identitas asli.


DOWNLOAD APLIKASI FIRECHAT


ASAL FIRECHAT
Aplikasi ini dikembangkan oleh pemrogram asal Rusia Stanislav Shalunov, seorang lulusan Universitas Negeri Moskow dan pemilik CTO Open Garden, sebuah startup yang berbasis di San Francisco. Stanislav Shalunov juga dikenal karena menciptakan algoritma LEDBAT untuk BitTorrent yang menyumbangkan antara 13-20 persen dari seluruh lalu lintas internet. 
 

firechat






sumber:
  • opengarden 
  • RBTHindonesia 
  • infokomputer
  • dari berbagai sumber 





Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "Firechat Solusi Chatting [Bisa] Tanpa Koneksi Internet"

  1. Alhamdulillah semakin canggih saja dunia ini.. selalu ada solusi.
    Keren ,ba infonya..

    ReplyDelete
  2. Wah keren, tapi sayang jangkauannya hanya beberapa meter saja. Andai jika bisa sampai ber kilo-kilo meter, hehe

    ReplyDelete
  3. Baru tahu tentang aplikasi ini. ilmu baaru nih. informatif

    ReplyDelete
  4. banyak sekali dan nian dunia teknologi muncul kali ini, masih setiap pake WA biar bisa chatingan sama Mak Mak Blogger di USIACANTIK :)

    ReplyDelete
  5. Wah baru tahu juga ada aplikasi ini. Nice info.

    ReplyDelete
  6. Semoga bisa dikembangan lebih dari 10 meter. Kebayangnya seperti walkie-talkie tapi berupa aplikasi

    ReplyDelete
  7. aku malah baru tau mba :-D
    ada firechat tanpa koneksi internet.

    ReplyDelete
  8. Waah..baru tau ada firechat. Menguntungkan karena tanpa harus pakai kuota inet ya..tapi sayang jangkauannya belum begitu jauh.

    ReplyDelete
  9. waah baru tau...asik nih....bisa dipake di tempat yang ga ada jaringan internet, bisa kan?

    ReplyDelete
  10. Wah... keren nih.
    Semakin canggih aja teknologi sekarang.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di akarwangi.com .
Silahkan tinggalkan komentar yang baik, sopan dan bijak.
Komentar yang menyertakan link hidup dan spam saya hapus.
Semoga silaturahim terjaga dan membawa manfaat