Breaking News

Lakukan Hal ini Ketika Anak Akan Berenang

"Byurr " suara yang sangat mengagetkanku, suara yang diikuti suara tangisan bocah kecil yang kemudian suaranya menghilang...aku langsung lari panik "ya Allah...toloooong" teriakku, dalam hitungan detik ada orang lari kemudian "byurrr" tak berapa lama sudah mengangkat tubuh mungil bocah perempuan usia 3-4than yang menangis terisak - isak panik ketakutan dan memanggil manggil ayahnya. 

Aku pun tengok kanan kiri mencari dimana ayahnya. Ya Allah ternyata ayahnya sedang diseberang kolam yang jaraknya dengan si anak tenggelam sekitar tujuh meter. Saat ayahnya sudah datang dengan tak kalah paniknya dan langsung memeluk anaknya, tanpa ba bi bu dan refleks kumarahi ayah dari bocah kecil itu.
" ya Allah Pak, putrane dimatke dan beri pelampung jangan ditinggal sendirian di pinggir kolam..bla..bla..bla" ocehanku siang itu kepada ayah dari bocah yang tenggelam yang alhamdulillah segera terselamatkan. Dan ayah bocah itupun manggut - manggut pasrah, masih dengan ketakutan dan mungkin dalam hatinya "ni siapa orang , marah - marah , kenal juga nggak"

tips aman berenang, lakkan hal ini etika anak akan berenang
ilustrasi-sidomukti,dok-prib

Siang itu memang kami sekeluarga sedang menikmati liburan anak - anak di tempat wisata air hangat daerah Kendal. Bagian bawah ada kolam besar , yang tentu saja membuat anak - anak, orang dewasa menikmati kesegaran air,berenang, bercengkrama dsb. Sedangkan bagian atas ada kolam air hangat yang mengandung belerang yang digunakan orang - orang untuk berendam yang konon gunanya untuk mengobati penyakit kulit. Dan saat aku mengawasi anak - anak yang berenang dengan ayah , om dan tantenya. Aku yang sedang duduk - duduk di bawah pohon mengawasi anak - anak, menyaksikan anak  usia 3-4 tahunan jatuh ke kolam dengan kedalaman 2,5 meter. Kejadian begitu cepat, aku melihatnya ketika si anak sudah byurrr, dan alhamdulillah tak berapa jauh ada orang yang menolongnya yang tenyata om dari si anak tersebut.


Padahal kita tahu banyak manfaat dari berenang untuk anak - anak. Beberapa manfaat berenang untuk anak - anak :
  • Sebagai refreshing anak - anak yang murah dan menyenangkan
  • Membantu perkembangan saraf motorik
  • Dapat meningkatkan imunitas / daya tahan tubuh anak 
  • Membantu proses pertumbuhan dan meninggikan badan
  • Menjadikan anak lebih mudah adaptasi dengan situasi baru
  • Memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi
  • Melatih keberanian, kemandirian, bersosialisasi
  • Melatih pernafasan dan bisa sebagai terapi pernafasan
  • Membantu kesehatan jantung

lakukan hal ini etika anak akan berenang, renang agar aman
renang salah satu refreshing anak - anak yang murah dan menyenangkan-dok.prib


Banyakny manfaat dari berenang untuk anak - anak apalagi kita tahu renang juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Jadi jangn sampai menjadikan renang adalah kegiatan yang menakutkan dan menjadikan trauma bagi orang tua dan anak yang sehingga menghindari berenang. Jangan sampai ada lagi kejadian seperti di atas apalagi pernah mendengar ada orang yang kram perutnya saat berenang, kecapekan saat berenang kemudian meninggal di dalam kolam renang. Naudzubillahhimindzalik

baca juga : belajar memanah 1
baca juga : belajar memanah 2

Beberapa kejadian di atas yang tentu saja bisa kita hindari dan kita harus melakukan beberapa hal ketika anak - anak akan  berenang sebagai bentuk ikhtiar kita agar anak aman saat berenang.

Lakukan hal ini ketika anak akan berenang:

Agar tidak terjadi kram perut :
  1. Pemanasan dan peregangan otot dari kepala sampai kaki, lakukan gerakan - gerakan sederhana mulai dari kepala, leher, pundak, lengan, tangan , pinggul, dan kaki.
  2. Basahi dulu badannya sebelum mencebur ke kolam , apalagi jika tempat berenang ditempat berhawa dingin.Agar suhu tubuh tidak kaget ketika terkena air kolam.

Hal yang dilakukan ketika anak akan berenang : 

1. Pemanasan dan peregangan otot dengan didampingi orangtua

2. Pemakaian pelampung lengan, agar anak selalu aman. Dengan penggunaan pelampung ketika anak berjalan dipinggir kolam yang mungkin bisa saj terpleset atau yang bisa mengakibatkan si anak jatuh ke kolam dewasa, anak in sya Allah aman karena ada pelampung lengan. walaupun semua hal bisa saja terjadi, tapi ini salah satu bentuk ikhtiar kita, agar anak tidak tenggelam ketika terjatuh dikolam yang lebih dalam. 
ilustrasi-pelampung lengan


3. Basahi dulu badan anak sebelum mencebur kolam, agar suhu badan beradaptasi dahulu dengan air kolam.

4. Orang Tua harus selalu memperhatikan putra putrinya berenang saat mereka berenang alias orang tua harus selalu matke ( mengawasi) / melek mata, jangan sibuk sendiri dengan gadget atau asyik berenang sendiri.

Semoga mulai dari sekarang kita tidak parno / ketakutan berlebihan lagi ketika anak - anak berenang. Jadikan renang kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak - anak kita.

22 comments:

  1. Harusnya anak-anak itu diajarkan berenang memang sejak kecil. Kalo nggak ya bakalan susah kalo udah gedhe macem saya mbak. Kalo masih kanak lebih bisa pula mengembangkan bakat mb. So harusnya ortu nggak takut ngajakin anak2 renang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masoh bisa belajar kok mba Aida..
      Sy yg dh tua..baru bljr juga sm pelatih y wlo cm bisanya satu gaya tp lumayan Alhamdulillah..buat kshtn

      Delete
  2. Ya Allah Mbak, kalau saya kayaknya langsung lemes, kalo liat anak yang mau tenggelam. Sayang sekali orangtuanya gak dekat mengawasinya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayahny berenang sndri. Anakny dsuruh nunggu. Mrka dtg berdua dg teman2 ayahny

      Delete
  3. Meski anak sudah berani berenang, ortu tetap harus mengawasi. Bisa saja anak terpeleset atau kram. Life guard macem Baywatch itu juga penting tapi di Indonesia banyak juga kolam renang umum tanpa penjaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak....sy suka tnya apa ada penjaganya kalau misal ada anak2 yg berenang...

      Palagi kegiatan sekolah anak..
      Lagsung wis emakny criwis daftar nasehatnya

      Delete
  4. Ya Allaaah, ada anak kecil di biarin sendiri di kolam renang, kenapa gak sekalian diajari tenang aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.sy tahunya setelah anak itu kecebur..g ada siapa2. Sptny mau ngejar ayahny.

      Anak itu dtg dg ayah dan tmn2 ayahny

      Delete
  5. Saya ini loh yang dari kecil suka main air tapi ga bisa berenang ahhaaa.
    Karena kepingin bisa, pernah belajar renang pas kuliah tingkat 1. Pake pelatih, tapi kram dan pelatih nggak "ngeuh" abis itu jadi rada takut.

    Pas sama suami ngotot ngajarin berenang biar nanti pas ngemong anak renang bisa sigap katanya hahhaha.

    Bismillah, semoga bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa mbak. Sy yg sudah tua aja baru belajar juga tpi sama pelatih mbak kalau yg ngajari suami g bisa2 akhirny pke pelatih..Alhamdulillah bisa. Palagi mb Alma yg masih muda.pasti bisaa bangeet.

      Delete
  6. kata nabi Muhammad SAW berenang itu harus dan wajib diajarkan pada anak2 kita kan mak..seperti halnya memanah, tapi sekarang jarang ada panah..adanya panah cinta wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D...wah kami blm bahas ttg panah cinta Mas krn anak2ny msh kunyil2..tp hrs ancang2

      Delete
  7. Pengen banget ajak Fahmi berenang. sayang di Cianjur sepanjang tahun ini hujan terus...
    batal selalu dech rencananya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga liburan nnti tdk bnyak hujan njeh

      Delete
  8. Anak dari salah satu temen pernah ada yg celaka di kolam renang sekolah. Duh, ngeri banget pas denger ceritanya.

    Berenang memang perlu diajarkan sih ya. Ga heran kalo sampai Rasulullah SAW mencotohkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bund..bnyak manfaatnya dan tpi tetap dg safety first

      Delete
  9. Baca openingnya syerem banget. Dulu juga pernah pas family gathering komunitas ada yang anaknya tenggelam di kokam. Trus ada yang nolongin dia nyemplung padahal HPnya di kantong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bund.itu yg sering kami tktkan mk oleh sebab itu lbh baik pakaikan pelampung lengan

      Delete
  10. Pertama kali anakku renang gak sama aku melainkan sama ibu gurunya, tapi alhamulilah semua ok an anaknya seneng hehe

    ReplyDelete
  11. anak saya usia 18bulan mba masih pake pelampung tangan lah kalau pake pelampung ban malah treak2 ketakutan emaknya gabs berenang lah anaknya juga kayaknya tanda tanda takut sama air hihi mksih tipsnya mba

    ReplyDelete
  12. Haduuuh, suka banyak yang teledor kayak gini ya Mbak. Aku sampai sekarnag belum bisa berenang yang bener, masih gratul2. Tapi orangtuaku gak pernah maksa dari kecil, karena mereka tau aku memang takut banget pernah kepleset di kolam renang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba...aku kalo lht ortuny malah asik gadgetan g lht anakny yg g dkasih pelampung..duh udh aku yg bakal melototin

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung di akarwangi.com .
Silahkan tinggalkan komentar yang baik, sopan dan bijak.
Komentar yang menyertakan link hidup dan spam saya hapus.
Semoga silaturahim terjaga dan membawa manfaat