DIY: Wayang Kertas Kreasi, Membuat Anak Belajar Bercerita

akarwangi.com-Sejak sore hujan mengguyur
Tanaman tomat cabe menjadi segar
Langit gelap, dengan kilatan menggelegar
Hawa dingin menusuk ,selimutku pun gelar
Kali kecil kampung tidak muat menampung air
kami siap siaga dengan tanggul dari pasir
Menghalangi air masuk ke dalam rumah agar tidak banjir

Kami terus berjaga dan bersiaga jikalau rumah kemasukan air, anak - anak sedang asik membaca di kamar mereka. Ayahnya anak - anak menggambar corat coret sketsa, dimana coba yang dibuat  untuk menggambar? Hah..ternyata menggambar di majalah promo produk tuperwar* sobs ...alhamdulillah edisi tahun 2012. Dengan penasaran terus saya melihat dari halaman per halaman beliau terus menggambar tidak bagus si tapi bisa ditebak apa yang sedang digambarnya.

Waktu memasuki isya, hujan pun masih terus membasahi bumi Allah ini, dan air di depan rumah sudah mintip - mintip di tengah-tengah teras rumah, maka siaga satu semua barang di taruh di atas semua ^^. Setelah kami Sholat dan kemudian makan, ayahnya anak - anak mempersiapkan sesuatu, tapi saya agak tidak peduli walau sebelumnya tahu tadi beliau sedang menggambar, tapi saya malah sibuk memperhatikan whatsapp...ups.

Tapi anak - anak heboh tenan 
" ayah buat apa ? " tanya mereka,
"Dilihat dulu aja semuanya, nanti ayah buat apa...ok, siap matikan lampunya semua...and action...Assalamualaykum semuanya.". Kata Ayah membuat anak - anak langsung memanggil saya, dan kami serempak " wow keren " " Ayah kreatif "

wayang kertas kreasi alat belajar bercerita-akarwangi.com
wayang kertas kreasi alat belajar bercerita-dok.akarwangi.com


"Tahukah apa yang di buat beliau ? Ayahnya anak - anak membuat wayang kertas yang dari kertas majalah yang di gambar kemudian di gunting tadi."

Beliaupun bercerita yang membuat kami bertiga kompak "melongo". Kertas di jalankan dari benang di belakang layar ada sebuah lilin. Ada sebuah meja yang diberi tutup kertas roti sebagai layar. Dan Ayah pun bercerita layaknya dalang tapi bercerita tentang sebuah hikmah...dan akhirnya tak berselang lama anak - anak sudah berebut untuk memainkannya juga. Mereka bercerita sesuka mereka, si kakak yang bercerita dengan suara kecilnya dan malu - malu dan ketika si adik yang bercerita..ee..kakak malah mendikte adiknya, kata kakak mau bantu adik...hehehe.

"Wayang kertas kreasi ini bisa sebagai alat belajar untuk anak lebih percaya diri untuk bercerita dan bisa menjadikan alat untuk kita bercerita tentang shirah Islam". 


Ok yuk kita kupas bahan - bahan apa saja yang di butuhkan :

Bahan :
Kertas yang agak tebal
Benang
Kertas roti putih / kertas sampul coklat / kertas yang tipis
Lilin

Alat :
Pulpen/pensil
Meja / kardus
Benang


Cara :
Gambar sketsa tokoh , suasana dsb yang kira - kira nanti akan diceritakan,, kemudian gunting sesuai sketnya.

Meja kecil kita balik kemudian antar kaki kita pasang kertas roti/sampul yang nantinya sebagai layar.

Benang kita pasang dikaki meja yang satunya nanti kita mainkan dari kaki meja seberangnya.
Setelah jadi, baru kemudian kita pasang gambarny di benang dan kita jalankan benang yang kanan kita tarik benag yang sebelah kiri kita ulur nanti seperti layakny berjalan, nah kemudian yang terakhir nyalakan lilin dan matikan lampu...and action ;-)


kertas di gambar sketsa


wayang kertas kreasi alat belajar bercerita-akarwangi.com
wayang kertas kreasi alat belajar bercerita-dok.akarwangi.com


wayang kertas kreasi alat belajar bercerita-akarwangi.com
wayang kertas kreasi alat belajar bercerita-akarwangi.com

Mudah dan Asik kan? Yang jelas anak bisa belajar untuk bercerita dan sebaliknya saat kita bercerita tentang Shirah  atau kisah nasehat tentang kehidupan in sya Allah akan mudah nyantol dianak-anak kita.




Postingan terkait:

29 Tanggapan untuk "DIY: Wayang Kertas Kreasi, Membuat Anak Belajar Bercerita"

  1. Haaaa... Kereeeeen idenyaaa. InsyaAllah aku menirunya mak. Anakku suka banget sama wayang hihihi. Tapi itu gambarnya bisa bagus amat hiks

    ReplyDelete
  2. Cakeeep... Narend pasti suka nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..pasti suka apalagi yang buat mama n papanya

      Delete
  3. Huaaa seru idenya, simpel tapi asik, ya.

    ReplyDelete
  4. Wuits.., kreatif banget., mainan hemat ala rumahan tapi besar manfaat! keren mbak !

    ReplyDelete
  5. Uapiikk tenaan...
    *icon lopelope


    Anakku juga bikin, mba..
    Tapi yang kepalanya gede pisan...jadi maininnya tanpa lilin.


    Ini mah supeerb!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pke kertas juga mb? Wuih..

      Iya pke lilin , lampu d matikan jd biar keluar bayangannnya..


      Alhamdulillah mb, anak2 suka

      Delete
  6. hahahha..mantabs niy, iihh keren banget..
    Aku dulu suka dibikinin dan diceritain si Mbah tentang wayang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iih seneng...
      Dlu sy suka di ajak sm bapak nonton wayang kulit mbak...ah jd nostalgia

      Delete
  7. bener bener kreatif nih ...
    cakep bener wayangnya..
    tapi kok majalahnya di sobek2 :(

    ReplyDelete
  8. wah saya ingin coba juga nih, anak2 saya klo malam aktif2 sekali. mendongeng dengan wayang memang kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak seruuu..
      Wayangnya di ntar bergerak jika kita tarik benangnya

      Delete
  9. wahh bagus pas udah jadinya. kreatif :)

    ReplyDelete
  10. Wah bahanya sederhana dan mudah didapat, kreatif mbak... :D

    ReplyDelete
  11. Kreatif nie.. kertas bisa dijadikan bahan edukasi...
    Mantap

    ReplyDelete
  12. Wahhhhhhh Kreatif nih .... Bagus Bagus Bagussssssss

    ReplyDelete
  13. Wah, jadi inget waktu kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) masa kecil yang bahagia y mbk

      Delete
  14. Wah bunda keren. Kreatiffffff sekali n banyak manfaatnya buat anak 👍

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di akarwangi.com .
Silahkan tinggalkan komentar yang baik, sopan dan bijak.
Komentar yang menyertakan link hidup dan spam saya hapus.
Semoga silaturahim terjaga dan membawa manfaat