Belajar Memanah Traditional Jemparingan

Scene 3. Perlengkapan saat belajar panahan Traditional/Jemparingan


Banyak kisah cerita kami tentang Kakung Eddy Roostopo atau lebih dikenal Kakung Popop atau om Pop, yang mungkin saja bisa dijadikan buku Biografi...ea..mimpi dulu :D hahaha...ups. Maafkan anakmu ini ya kung.. :). 

Ketika belajar memanah di kakung Popop, kami di ajari panahan Perpani dan Jemparingan. Nah untuk yang belajar Perpani memang lebih cocok untuk anak - anak karena bisa di ikut lombakan tingkat nasional bahkan internasional. Sedangkan untuk Jemparingan lebih cocok untuk yang dewasa apalagi saya sebagai emak - emak. Nah kali ini saya ingin sharing tentang jemparingan.

pelengkapan saat belajar panahan jemparingan
gendewo dan jemparing-dok.prib


JEMPARINGAN

Jemparingan adalah suatu seni budaya olahraga tradisional panahan. Jemparingan tentu saja menggunakan busur atau dalam bahasa Jawa di sebut gendewo  sebagai pelontar anak panah atau dalam bahasa Jawa anak panah disebut jemparing.


Jemparingan dilakukan dengan cara pemanah duduk bersila. Bersila bisa dengan menggunakan dingklik ( kursi pendek yang terbuat dari kayu/plastik) atau lesehan. Dan disaat berlangsungnya lomba Jemparingan para pemanah akan duduk bersila secara berjejer dan menggunakan baju tradisional baju batik / beskap / baju lurik baik pemanah jemparingan laki - laki ataupun perempuan.

  
perlengkapan jemparingan-akarwangi.com
Lomba Jemparingan, dies natalis universitas Atmajaya Jogjakarta ke 49-dok.prib

Dalam jemparingan ada dua jenis yaitu jemparingan target dan jemparingan bandulan. Untuk perlombaan nasional biasanya menggunakan jemparingan target sedangkan untuk jemparingan bandulan biasanya lombanya perkomunitas antar daerah .

Dalam jemparingan yang terpenting menurut kakung Popop adalah "roso". Bagaimana kita bisa mengendalikan hawa nafsu, kemrungsung, tergesa-gesa, melatih kesabaran, tenang dan fokus.

pelengkapan saat belajar panahan jemparingan-akarwangi.com
fokus, tenang dan pakailah "roso"

Perlengkapan Jemparingan

Apa saja yang dipersiapan saat kita belajar panahan jemparingan untuk pemula :

1. Busur (gendewo-jawa)

Bagian-bagian dari gendewo / busur adalah:
  • Cengkolak/Pegangan ( handle) terbuat dari kayu keras yang relatif ringan, seperti sonokeling, sawo, glugu (batang pohon kelapa) dan jenis kayu keras lainnya.
  • Lar/Sayap (limb) terbuat dari bambu. Sayap terdii dua bagian, bagian atas dan bawah yang berfungsi sebagai pelontar jemparing.
  • Kendheng/tali busur (string) terbuat dari polyster 
    pelengkapan saat belajar panahan jemparingan-akarwangi.com
    gendewo-dok.prib

2. Anak Panah (Jemparing-Jawa)
Bahan yang digunakan untuk membuat  jemparing adalah bambu, besi, bulu unggas dan plastik. 
Bagian-bagian dari jemparing adalah:
 

  • Deder/batang (shaft) terbuat dari bambu berbentuk silinder 
  • Bedor/mata panah (arrow head) terbuat dari besi dan berbentuk runcing.
  • Wulu/bulu (fletching) terbuat dari bulu unggas yang biasa digunakan bulu itik/entok tetapi ada juga bulu kalkun.
  • Nyenyep/nok (nock) terbuat dari bahan plastik, yang masih diimport dari luar negeri. 

3.Sasaran bisa target atau wong-wongan/bandul
penilaian untuk target : dengan menggunakan point yang sudah ada di targetnya.


perlengkapan belajar jemparingan untuk pemula
target-dok.prib
penilaian bandul : merah yaitu kepala (molo-jawa) nilai 3 dan Warna putih diberi nama awak / badan mempunyai nilai 1 
 
perlengkapan belajar panahan jemparingan untuk pemula-akarwangi.com
bandul/wong-wongan-dok.prib


perlengkapan jemparingan-akarwangi.com
Lomba Jemparingan, dies natalis universitas Atmajaya Jogjakarta ke 49-dok.prib

 

4. Decker, melindungi lengan dari gesekan tali busur (kendeng-jawa) dengan lengan, saat melontarkan anak panah.

5. Dingklik, untuk pemula lebih enak duduk bersila menggunakan dingklik

6. Tempat anak panah

7.Bawang Merah, digunakan ketika lengan terkena gesekan tali busur saat melontarkan anak panah, biasanya lengan menjadi lebam, untuk antisipasi bisa menggunakan bawang merah agar lebamnya cepat hilang.

Setelah tahu perlengkapan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk belajar memanah panahan traditional / jemparingan, maka kita siap untuk belajar. 

Baca juga : Sungguh pertemuan kami dengan Kakung dan Uti Eddy Roostopo 

Baca juga : Kali ini saya ingin menulis tentang sosok Eddy Roostopo / Popop mantan atlet PON 




Postingan terkait:

21 Tanggapan untuk " Belajar Memanah Traditional Jemparingan"

  1. memanah adalah olahraga yang di ajarkan Nabi kita, selain berenang..
    btw Selamat Maulid Nabi kak :)

    ReplyDelete
  2. Aku baca gendewo kirain genderuwo loh ahahhaa btw seumur hidup aku belum pernah lihat langsung panahan ini -_- pernah sih sekali di GBK tapi itu pun dari kejauhan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk..sm mbk..dulu prtma kli denger jg gtu..smp kakung mengulangi nyebut

      Delete
  3. Wah seru ya mbak bisa belajar memanah. Bahkan nggak banyak orang di Indonesia ini yang familiar dengan olahraga satu itu.

    Sampe pernah ikut lombasegala.
    Yang saya tau di tempat aa gym itu ada juga olahraga ini, tp nggak tau itu termasuk jenis memanah yang mana. Ah saya mah orang awam.
    tapi terimakasih atas ilmu pengetahuan tentang memanah ini mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami2 mbak.,smg brmanfaat..

      Sm mb sy juga org awam..bru bljr tp skrg jarang belajar

      Delete
  4. Belajar memanah memang dianjurkan ya
    tapi sepertinya tidak banyak diminati apalagi anak jaman sekarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah thun ini panahan booming mbak.

      Delete
  5. Wah, mba Rika bisa panahan? Aku pengen banget belajar ini, euy. Seru pastinya, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya hanya sdg belajar aja mbak..


      Seruuu banget mb.:)

      Delete
  6. Deket ini sama tempat adekku. Pengen ah nanti main ke sana ^^

    ReplyDelete
  7. Wah keren... Saya seneng kalau lihat orang lagi fokus memanah, rasanya jadi pengen mencoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di coba aja Mas..
      Bakalan ketagihan :)

      Delete
  8. Baru tahu kalo di Bahasa Jawa panahan disebut Jemparigan. Di Global Islamic School 2 ini jadi salah satu ekstrakulikuler favorit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jemparingan mba.

      Yang panahan perpani ya mbak?

      Delete
  9. Seru ya belajar memanah. Butuh kekuatan tangan dan fokus

    ReplyDelete
  10. Wuihhh nggak nyangka ternyata Jemparingan diminati oleh banyak perempuan, seperti ibu-ibu. Keren ini. Oleharaga yang menyenangkan dan asyik memang. :)

    ReplyDelete
  11. Memanah bikin saya nyandu mba, baru kemaren si nyoba, hehehe
    mahal lagi tuh sewa panahnya wkwkwk

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di akarwangi.com .
Silahkan tinggalkan komentar yang baik, sopan dan bijak.
Komentar yang menyertakan link hidup dan spam saya hapus.
Semoga silaturahim terjaga dan membawa manfaat