Breaking News

Susu Kambing Prengus, Fakta atau Mitos?

Akarwangi.com-Sahabat Akarwangi, cung.... siapa yang tidak suka susu kambing? Aaargh..pasti banyak yang angkat jari nih.  Atau ada yang terpaksa minum susu kambing, karena untuk pengobatan dan minumnya sambil tutup hidung...hihihi.



Kambing Laktasi


Kenapa tidak suka susu kambing? Kenapa juga saat minum tutup hidung? Apakah karena prengus baunya? Tapi benarkah susu kambing prengus? Susu kambing prengus, fakta atau mitos?

Sebenarnya susu kambing itu prengus atau tidak ya? Maka saya pun bertanya kepada pemilik sebuah peternakan kambing, Bapak Har yang mempunyai kambing 70an ekor di peternakannya, beliau menjelaskan bahwa  bau prengus itu dikeluarkan oleh kambing jantan untuk membuat kambing betina birahi dan melakukan perkawinan. Sedangkan kambing betina tidak mempunyai bau prengus.
 
perah susu
Jika begitu susu harusnya tidak prengus kan ya? 

Karena kambing betina tidak bau prengus, seharusnya susu kambing tidak prengus. Tetapi sering kita dapati susu kambing yang prengus, kenapa bisa begitu ya? Susu mempunyai sifat menyerap bau, nah jika kambing betina berdekatan dengan kambing jantan, maka akan mudah terkontaminasi dengan bau prengus kambing jantan.

3 hal ini yang harus dilakukan peternak agar susu kambing tidak prengus

Menjauhkan kambing betina yang sedang laktasi (menyusui) dengan kambing jantan.

Memerah harus menggunakan wadah susu yang bukaannya tidak lebar.

Kandang kambing jantan idealnya dipisahkan dari kambing laktasi.

Jadi kita tahu sekarang ternyata susu kambing prengus itu fakta atau mitos!

10 comments:

  1. Owh, ternyata begitu yaa sebabnya. Kebetulan susu kambing ini sangat bermanfaat sekali terutama untuk asma, ya. Dulu sering beli buat si sulung. Dan memang baunya parah banget, tapi anehnya anak saya doyan aja dicampur madu sedikit...

    ReplyDelete
  2. saya belum pernah nyobain susu kambing

    ReplyDelete
  3. belum pernah minum susu kambing yg murni, tapi kyknya pernah nyobain yg bubukan.
    Moga kapan2 bisa nyobain minum susu kambing segar hehe

    ReplyDelete
  4. Prengus itu sebenarnya istilah lain itu, bau amis. Sebenarnya tergantung dari kambingnya juga seh. jika kambing yang bulunya tebal dan putih, rasanya enak. Tapi jika yang tipis dan hitam/coklat, memang agak gimana gitu.
    Saya pernah minum susu kambing.

    ReplyDelete
  5. oh ternyata jantan yang punya parfum prengus...he...he.. nambah wawasan

    ReplyDelete
  6. OOOhhhh begitu ya? Prengus bau kambing itu amis lah kira2. Emang ga enak deh minumnya sambil tutup hidung. Saya ga suka. Dagingnya pun ga doyan hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal enaaak kalau dah jadi sate kambing, sate buntel..hmmmm..hehe

      Delete
  7. amis , memang gt ya susu murni itu makanya kalau aku minum selalu pakai gula merah digodog dg susu shg rasa amisnya hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tips yang bisa ditiru ini,jika dapat sukam bau prengus

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung di akarwangi.com .
Silahkan tinggalkan komentar yang baik, sopan dan bijak.
Komentar yang menyertakan link hidup dan spam saya hapus.
Semoga silaturahim terjaga dan membawa manfaat