Breaking News

DIY: Cara Membuat Fabric Bowl Tatakan Mangkok

Akarwangi.com, Solo-Hai sahabat Akar, kali ini admin ingin berbagi tentang cara membuat tatakan mangkok or how to make a fabric bowl.

Alhamdulillah admin mendapat kesempatan belajar membuat tatakan mangkok di mana admin sebagai salah satu utusan dari emak blogger. Waktu itu ada dua kesempatan anggota Emak Blogger, sebagai utusan untuk mengikuti pelatihan tatakan mangkok yang diadakan oleh Kreasi Karya Kita.

Alhamdulillah, bersyukur sekali rasanya, walapun sebenarnya agak nekad juga karena belum bisa menjahit. Tapi ada yang menenangkan " Sepetinya itu tidak dijahit mak, tapi ditempel deh" Ok baiklah, alhamdulillah kalau gitu. Maju berangkat, Bismillah!
 
Fabric Bowl / Tatakan Mangkok - akarwangi.com
Pada hari H, sampailah di tempat pelatihan membuat tatakan mangkok, dan apa yang terjadi di sanaa permisah, ya Allah, terpasang berbagai mesin jahit. Admin semakin deg-deganlah dalam melangkah memasuki joglo Rumah Budaya Kratonan, tempat pelatihan.

Dan lebih parahnya lagi admin berserta teman admin yang sama-sama dari emak blogger, tidak bawa modal apapun alias datang saja tanpa bawa alat tempur apapun. Ya Allah... Alhamdulillah panitia menyediakan semua alat tempurnya, walaupun harus bergantian dengan peserta lainnya.

mesin jahit, salah satu alat tempur-akarwangi.com


Agar tidak spaneng, nge-tea dulu-akarwangi.com
Seperti biasa regristasi ulang dan mendapatkan KIT hanya dengan pembayaran 25K, dapat ilmu dan teman baru. Setelah itu langsung praktek tanpa teori, wes seru pokoknya. Admin yang akhirnya bertanya terus apa yang dilakukan, gimana caranya, gimana nanti jahitnya dan umbe rampainya lah. ^^ Pelatihan ini dimentori oleh mbak Veronika dari Kreasi Karya Kita, yang diasisteni oleh mbak Nanul, beliau ini yang banyak membantu admin saat praktek, ada mba May dan mbak Asih.

Mentor
Kit
Yuk kita mulai bagaimana membuat tatakan mangkoknya. Apakah mudah ataukah sulit? 

 DIY: Cara Membuat Fabric Bowl Tatakan Mangkok

1. Siapkan kain Bali 2, flanel 2, penggaris, pensil, gunting dan mesin jahit

2. Buat bujur sangkar, di kertas (sebagai model acuan) bujur sangkar luar dengan ukuran 24x24 dan bujur sangkar dalam 22x22 kemudian buat garis diagonal di bujur sangkar dalam. kemudian buat di 2 kain Flanel


3. Kain flanel yang sudah diukur digunting sesuai ukuran bujur sangkar luar, kemudian tempelkan ke kain Balinya masing-masing. Menempelnya cukup diberi dengan jarum pentul, setelah itu jahit garis diagonalnya


Admin "ndedel" jahitan, sampai berkali-kali sampai lurus dengan garis (tutup muka)
 4. Setelah dijahit diagonalnya rapikan kain balinya sesuai dengan kain flanelnya

5. Gunting kain flanel yang garis bujur sangkar luar, jangan sampai menggunting kain balinya ya.


6. Buat segitiga dengan ukuran tinggi 5 cm diukur dari kain bali, kemudian lebar juga 5 cm. tepat di titik diagonal (lihat gambar, yang spidol biru)
garis diagonal tatakan mangkok-akarwangi.com

 7. Lipat sesuai tinggi segitiganya kemudian jahit sisi-sisi segitiganya


8. Setelah dijahit, gunting kain yang menojol dari segitiga tadi, agar rapi.

9. Buat dua yang sama, setelah itu gabung dan jahit memutar, sisakan sekitar 4cm untuk bisa membalik kain.

10. KIta balik kainnya, dan kita tutup dengan jahit tangan, jadi deh, cantik kan? 
Tatakan mangkok-akarwangi.com

fabric bowl
fabric bowl-akarwangi.com
Bagaimana sahabat Akar? mudah atau sulit? jika dipraktekkan insya Allah mudah, tapi kalau dibayangkan memang sulit. Jangan pantang menyerah untuk mencoba dan belajar, admin "ndedel" jahitan sampai berkali-kali karena jahitannya keluar dari jalur garis terus...hihihi. Tapi kalau sudah jadi, masya Allah rasanya seneng sekali.

Dan, tatakan mangkok ini bisa dijadikan usaha lho, ada yang mau oder banyak? bisa ya, email ke admin ^^. Alhamdulillah.

Terimakasih untuk Emak Blogger Solo dan Kreasi Karya Kita


nb:
*ndedel = membongkar jahitan

8 comments:

  1. Aduh tampak sulit bagiku. Keren dan cakep juga ya, wah bisa jadi ladang bisnis nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, kalau tampak aja sepertinya sulit.

      Alhamdulillah emang keren n cakep. Apalagi yang buat para senior lebih cakep lagi kak.

      Betul bisa jadi ladang bisnis.

      Delete
  2. Waahh detail nih step2nya.. Aq mau bikin lg nih di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren mbak... lanjutkan, biar nggak kaku lagi njahitnya

      Delete
  3. Fabric Bowlnya cantik sekali mbak warna-warni,....
    Bikin kaya gini butuh kesabaran, ketelitian dan matapun harus bening krn butuh mengukur, memotong dan menjahit

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih, Alhamdulillah
      Iya benar sekali kak, mata harus jeli, butuh kesabarn dan ketelatenan

      Delete
  4. Mantap nih kak ya ada tutorialnya bikin tatakan mngkok.. biar gausah perlu beli ya

    ReplyDelete
  5. 25 k dapat kit, ilmu dan teman baru, mantaaap bangeet kegiatannya, tapi jujur sih saya pengen nyobain juga hihi soalnya fabric bowlnya bagus

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di akarwangi.com .
Silahkan tinggalkan komentar yang baik, sopan dan bijak.
Komentar yang menyertakan link hidup dan spam saya hapus.
Semoga silaturahim terjaga dan membawa manfaat