Breaking News

Macam-Macam Tanduk Kumbang yang Unik

Akarwangi.com, Sukoharjo-Hallo sahabat Akar? hobi sahabat Akar apa saja? Ada berapa banyak hobinya? apa hanya satu hobi atau banyak hobi? Ada yang suka membaca? Ada yang suka mengumpulkan serangga? Ada yang suka koleksi kumbangkah? Masya Allah pasti seru ya...

Jika ada yang suka koleksi kumbang, yuk kita belajar bersama tentang kumbang, kalau di daerah ada yang menyebutnya wangwung, wawung, kalau di daerah sahabat apa namanya?

Di dunia ada sekitar 1.600 jenis kumbang lhoh, yang paling banyak di daerah tropis. Kumbang banyak terdapat di Amerika Selatan. Ada kumbang Megasoma elephas elephas, Dynastes grantii, megasoma actaeon, dynaster hercules dan sebagainya.

Kumbang termasuk serangga, kumbang dapat ditemukan di semua habitat besar, kecuali di lautan dan wilayah kutub. Mereka berinteraksi dengan ekosistemnya dalam berbagai cara. (wikipedia)

Baca juga Macam-macam Sungut Serangga

Tingkatan klasifikasi kumbang:

  • Regnum - Animalia
  • Filum - Arthropoda
  • Kelas - Insekta
  • Ordo - Pterygota
  • Famili - Neoptera
  • Genus - ndoterygota
  • Spesies - coleoptera

Apa ciri khas dari kelas pterygota? dia mempunyai sayap luar yang keras, disebut dengan 'sayap besi', tentu saja fungsinya untuk melindungi tubuhnya yang empuk, etapi di dalam sayap luar ada sayap dalam lhoh, sayapnya tipis wow keren ya...

Ditubuh kumbang ada seperti tanduk gitu ya, kayak tanduk badak bercula satu...hihihi..fungsinya untuk apa ya tanduk kumbang?

Tanduk kumbang berfungsi untuk mendapatkan makanan yang baik dan melindungi betina dari jantan lainnya, jadi seperti alat untuk bertahan hidup dari persaingan ketat di dunia serengga dan juga untuk melindungi raja kumbang di dunia serangga...masya Allah ya ^^

Perbedaan tanduk kumbang jantan dan betina

Kumbang jantan lebih panjang dan melengkung ke belakang, sedangkan tanduk kumbang betina berupa tonjolan.

Baiklah, yuk langsung saja kita tengok macam-macam tanduk kumbang yang unik ini.

dynastes.de

dynastes.de

dynastes.de

dynastes.de

dynastes.de

dynastes.de

dynastes.de

dynastes.de

dynastes.de
Masya Allah ya sahabat, bentuknya tanduk unik banget, dan tentu saja yang admin sajikan ini hanya sedikit saja yang dari ribuan tentunya. Nah sahabat Akar tertarik untuk belajar lebih dalam tentang kumbang? atau ingin mengkoleksinya?

No comments

Terimakasih sudah berkunjung di akarwangi.com .
Silahkan tinggalkan komentar yang baik, sopan dan bijak.
Komentar yang menyertakan link hidup dan spam saya hapus.
Semoga silaturahim terjaga dan membawa manfaat