Breaking News

Perpustakaan Tertua di Solo

Akarwangi.com, Solo. Perpustakaan, merupakan salah satu tempat yang paling menyenangkan untuk dikunjungi bagi booklovers atau seseorang yang memang sedang membutuhkan sumber-sumber tulisan untuk dijadikan tulisan kembali. Kalau sobat Akar suka juga kan mengunjungi perpustakaan?
https://puromangkunegaran.com/sejarah-singkat-puro-mangkunegaran/

Kali ini admin berkunjung ke perpustakaan tertua di Kota Solo, Perpustakaan Rekso Pustoko. Sebuah perpustakaan yang berada di lingkungan Puro Mangkunegaran Solo. Pada awalnya perpustakaan ini digunakan oleh para kerabat Mangkunegaran yang berfungsi sebagai tempat arsip dan mengadministrasikan surat- surat. 
perpustakaan tertua di Solo-akarwangi.com

perpustakaan tertua di Solo-akarwangi.com

perpustakaan tertua di Solo-akarwangi.com
peraturan pengunjung-akarwangi.com


perpustakaan tertua di Solo-akarwangi.com

perpustakaan tertua di Solo-akarwangi.com


Tahun 1877, Rekso Pustoko mulai digunakan sebagai perpustakaan, sebagian besar koleksinya terdiri atas buku beraksara Jawa, berupa naskah asli, turunan, maupun cetakan.

Perpustakaan Rekso Pustoko berada di sebelah timur dari puro Mangkunegaran yang berada di lantai dua. Perpustakaan yang dibuka untuk umum dan tidak berbayar. Ketika admin sampai di sana sekitar pukul 09.15 wib, ternyata sudah ada pengunjung yang datang, dan mereka sebagian adalah mahasiswa.

Bagaimana cara meminjam buku?
Pengunjung perpustakaan, yang ingin membaca buku untuk melihat katalog dahulu, buku apa yang diinginkan. Melihat katalog buku bisa lewat data komputer ataupun melihat manual melalui buku katalog, yang terdiri dari katalog sejarah, adat, Mangkunegaran dan sebagainya. 

Setelah mendapatkan buku yang diinginkan, pengunjung tidak diperkenankan langsung mengambil buku di rak/lemari. Pengunjung harus menulis di secarik kertas, kode buku yang diinginkan, kemudian diserahkan ke petugas perpustakaan dan patugaslah yang akan mengambilnya.

Koleksi buku Sejarah, terdiri Babad Tanah Jawi yang lengkap-akarwangi.com

Judul Buku Makanan Traditional dalam Serat Centini-akarwangi.com

Judul buku All About of Batik-akarwangi.com


Dan buku-buku di sana tidak diperbolehkan dibawa pulang. karena tentu saja buku-buku dan naskah-naskah atau transkip di perpustakaan yang masih asli, sudah rapuh dan sebagainya yang harus dijaga.

Jadi, pengunjung tidak boleh mengambil sendiri naskah atau buku yang diinginkan, cukup menunjukkan daftar katalog lalu meminta petugas untuk mengambilkan.
Sejak tahun 1980, Rekso Pustoko dibuka untuk masyarakat. Koleksi perpustakaan diantaranya buku, naskah kuno, foto, dan arsip.Saat ini, jumlah keseluruhan koleksi naskah dan buku kurang lebih 6000 judul. Naskah tertua yang dimiliki Rekso Pustoko adalah Serat Menak berasal dari Bali berbahasa Jawa, berhuruf Jawa, dan ditulis di atas lontar. Koleksi khas yang lain adalah karya luhur dari Mangkunegara IV yakni Serat Wedhotomo, Serat Tripomo, Serat Woroyagyo, dan Serat Laksita Raja. (perpustakaan mangkunegaran)

Jam Kunjungan?
Kunjungan ke Perpustakaan Rekso Pustoko dilayani setiap hari kerja. Setiap hari Senin sampai Kamis perpustakaan buka jam 09.00 – 12.00 WIB, adapun hari Jumat sampai Sabtu jam 09.00- 11.00 WIB.

Yuk ke perpustakaan, cintai buku, dapatkan ilmu, ikat dengan tulisan.

2 comments:

  1. woww mbakkk. aku baru tahu ini. Ini perpusnya mangkunegaran ya berati? Next harus ke sini nihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak Aida betul, ini perpustakaan Mangkunegaran.

      Wah ditunggu reportasenya..😄#emangberita

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung di akarwangi.com .
Silahkan tinggalkan komentar yang baik, sopan dan bijak.
Komentar yang menyertakan link hidup dan spam saya hapus.
Semoga silaturahim terjaga dan membawa manfaat