Breaking News

Main Air Jernih dan Asyik? Yuk ke Sungai Muncul Banyubiru

Akarwangi.com, Banyubiru. Siang hari admin meluncur ke kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Admin bersama keluarga dihari libur setelah pencoblosan pemilu, ingin merasakan kolam renang baru Waterpark Muncul Banyubiru. Tapi, sampai di sana penuh sesak, mencari tempat parkir saja penuh sesak, karena memang di sana adalah kawasan wisata yang tidak hanya waterpark saja.

Sungai Muncul Banyubiru-akarwangi.com

Akhirnya, rencana berubah, tidak memungkinkan tetap masuk di Waterpark, jadilah kami bergeser gang dari Waterpark, kami ke Kali/ sungai Muncul. Wisata air, dengan aliran sungai Muncul yang segar, jernih dan alami banget, Masya Allah.

Sungai Muncul Banyubiru-akarwangi.com
Tubing Muncul-wisatamunculblogspot

Tubing Muncul dengan Keindahan yang alami-wisatamunculblogspot

Kami masuk gang sungai Muncul, sebenarnya depan gang ada yang menawarkan jasa tubing sebesar 35.ooo rupiah per orang, dilengkapi dengan ban dan pelampung. Dan saat Tubing akan diberi pemandangan yang  d luarbiasa  indahnya, melewati persawahan, landscape Gunung Gajah dan Gunung Telomoyo yang memanjakan mata. Jarak tubing menyusuri sungai Muncul Banyubiru sepanjang 2 kilometer. Atau rata-rata dapat ditempuh sekitar 40-50 menit. Perjalanan tubing dijamin akan sangat menyenangkan dan mengesankan . Wow, kapan-kapan perlu dicoba nih.

Sedangkan yang tidak ingin melakukan tubing, bisa sewa ban di dalam dengan harga sewa ban 5000, 7500, 10.000 tergantung besarnya ban. Oiya lupa, tiket masuk ke kali/sungai Muncul Banyubiru hanya 2000 rupiah per orang, murah banget ya.


Sungai Muncul Banyubiru-akarwangi.com

Jembatan pembatas arus sungai Muncul Banyubiru-akarwangi.com

Siap melakukan seluncur dengan ban. Jalan melipir sungai, kemudian, turun ke sungai dan naik ban, dan siaap meluncuuur, segaaarrr banget masya Allah, airnya yang jernih, hingga terlihat batu-batu kali.Terkadang arusnya yang lambat dan terkadang juga lumayan deras. 

Insya Allah di sungai Muncul, wisata air atau tempat keceh yang aman. karena ada jembatan pembatas di tengah jalur sungai, sehingga yang menikmati luncuran arus tidak akan "kebablasan". Tapo jika sobat Akar yang membawa buah hati/anak-anak/murid-murid, ingat "safety first" jangan biarkan bermain air sendirian, harus didampingi orang dewasa dan menggunakan ban/pelampung.

Di Sungai Muncul Banyubiru anak-anak juga bisa mencari ikan dan udang memakai jaring kecil, ada yang jualan jaring seharga 15.000, atau bisa bawa dari rumah. Ikannya kelihatan di pinggir-pinggir sungai. Masya Allah, anak-anak pasti seneng banget kan?

Di Sungai Muncul Banyubiru, boleh bawa makanan sendiri atau bawa makanan dan minuman dari rumah, kalau admin bawa dari rumah si, teh hangat dan beberapa camilan, , tapi di sana juga banyak yang jualan sob, tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan ya, kita harus menjaga kebersihan.

batita menggunakan pelampung lengan(safety first)-ilustrasi
Jika sudah bermain air, berbasah-basahan, terus ganti bajunya dimana?
Tidak perlu khawatir sob, di sana ada beberapa Kamar mandi untuk berganti pakaian, dan jangan lupa isi kotak untuk perawatan, pan tadi masuknya hanya 2000, jadi kecil deh untuk membayar kotak perawatan kamar mandi. Agar bersih dan terawat.

Dimana letak Sungai Muncul Banyubiru?
Sungai Muncul terletak di Rowoganjar, Rowoboni, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah. Bisa cek lewat  Google Maps Sungai Muncul 

Jika dari Arah Semarang atau Ambarawa, bisa melawati jalan Lingkar Ambarawa menuju Banyubiru. Jika dari arah Solo bisa lewat jalan ring road Salatiga. Insya Allah mudah ditemukan, jadi jangan takut tersesat ^^

Ada "RITUAL" unik di Sungai Muncul Banyubiru

Ups, bahasanya kok ritual si ya? ^^ hiihihi, ritual ini bukan ritual kesyirikan kok.  Ini lho ritual kegiatan unik yang sudah dilakukan bertahun tahun di saat menjelang bulan Suci Ramadhan, yaitu Tradisi cuci tikar jelang ramadhan".

tradisi cuci tikar dan karpet-news.solopos.com

Dimana masyarakat Muslim bergotong royong membersihkan karpet dan tikar masjid di sungai Muncul secara massal. Tradisi ini sudah  menjadi agenda tahunan masyarakat Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, tradisi setiap menjelang bulan suci  Ramadhan.

Karena air sungai Muncul Banyubiru yang jernih, arusnya yang tidak begitu deras, dan aman, sehingga cocok untuk mencuci tikar dan karpet masjid. Apalagi dilakukan bersama-sama seru banget. 

Nah pas banget ini, sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan hadir, dan pastinya akan ada "ritual" tradisi ini. Sssttt, ada yang pengen ke sana? Yuk

So, mencari tempat wisata main air yang jernih dan mengasyikkan? di Sungai Muncul, Banyubiru aja deh, asyik dan bikin nagih. 😀😄




9 comments:

  1. Weh..sekarang ada wisata airnya kayak gini ya mak..deket tempat alm mbah ku ini mak..skg jarang ksna.udah g ada semua soalnya..

    Biasanya mancing dl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak wisata airnya.

      Berarti udah lama nemen nggak ke situ no Mas.
      Lha ni Kali udah lama banget.

      Delete
  2. Wah segernya...., andai solo ada.sungai sebening itu.... Aq pasti hobi berendam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Solo sungainya udah berwarna warni ya Mak.

      Delete
  3. aku udah lama gak main tubbing2an nih..

    ReplyDelete
  4. Mirip2 cokro ya mak, yampuuuun ndelok banyune auto pengin nyebur. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama, tapi yang Cokro kayaknya baru ya, karena itu ada aliran air terjunnya yg ke sungai..dangers

      Delete
    2. Iya sama, tapi yang Cokro kayaknya baru ya, karena itu ada aliran air terjunnya yg ke sungai..dangers

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar di akarwangi.com .
Semoga bermanfaat