Breaking News

Kereta Bandara Solo sebagai Konektivitas Joglosemar

Akarwangi.com. Solo, Jumat, 6 September 2019, admin mendapat undangan bersama rekan lainnya untuk menghadiri FGD (Forum Group Discussion), dengan tema “Kesiapan Infrastruktur Transportasi Kaitannya dengan Konektivitas Joglosemar”


Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo|pic Akarwangi.com

Kegiatan ini diselenggarakan di Stasiun Kereta Api Bandara Adi Soemarmo dengan keynote speaker Bapak Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Forum ini mendatangkan narasumber yang ahli dibidangnya yaitu Bapak Budi Setiyadi Direktur Jendereal Perhubungan Darat, Bapak Awan Direktur Utama PT KAI, Bapak Wendo Direktur Operasional Angkasa Pura I, Bapak Ary Setyawan dari Akademisi Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) dan Bapak Suwarmin Mulyadi Pimpinan Redaksi Media Solopos. Dan yang paling menarik acara ini di moderatori oleh penyiar cantik Aviani Malik.

Pada FGD ini membahas tentang progres pembangunan infrastruktur transportasi yang ada di Solo, diantaramya adalah Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo serta revitalisasi Terminal Tipe A Tirtonadi.

Bapak Menteri Perhubungan saat membuka acara Forum Diskusi ini menyampaikan bahwa kereta bandara Solo dengan rute stasiun Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo segera beroperasi mulai bulan Oktober mendatang dan progres pembangunan kereta bandara ini sudah mencapai 96%.

Bersama Bapak Menteri Perhbungan dan para Narasumber di FGD |pic Mbak Iffah
Jalur Kereta Api antara Solo Balapan – Bandara Internasional Adi Soemarmo ternyata mempunyai panjang 13,5 KM, yang merupakan Proyek Strategius Nasional berdasarkan Peraturan Presiden no.56 tahun 2018 tentang perubahan Kedua Atas Peratyran Presiden Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis.

Jalur Kereta Bandara |pic Mb Era
Jalur Kereta Api antara Solo Balapan-Bandara Internasional Adi Soemarmo, hanya akan ditempuh selama 20 menit. Dan di dalam perjalanan Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo, kereta akan berhenti selama 2 menit di Stasiun Kadipiro. Jadi jika trainset yang digunakan lebih dari 1 maka waktu perjalanan Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan adalah 25 menit (karena ada persilangan di Stasiun Kadipiro). Wow, ingin segera beroperasi ya, mungkin nanti saat launcing admin mendapat kesempatan free, hehehe biar bisa bercerita di blog ini tentunya :)

Jarak sebenarnya Stasiun Balapan – Bandara Adi Soemarmo yakni 12,997 KM, sehingga kereta Bandara yang nantinya sebagai bagian Infrastruk Konektivitas Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang) akan mempunyai 16 perjalanan relasi Stasiun Balapan Solo- Bandara Adi Soemarmo dan 16 Perjalanan Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan Solo. Keren kan ya, jadi semakin mudah saja.

 Konektivitas Joglosemar


Pembangunan jalur kereta api ini juga akan menghubungkan dua bandara yaitu Bandara Intersional Adi Soemarmo dan Bandara Adi Sutjipto di Yogyakarta dengan perkiraan waktu tempuh 1 jam 11 menit. Harapannya dalam jangka panjang jalur kereta ini akan terhubung juga dengan Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo. Wow keren ya!

Jumlah trip yang direncanakan sebanyak 12 trip/hari dengan headway 90 menit dan target penumpang per hari sebanyak 4.800 penumpang/hari.

Selain Pembangunan Jalur kereta api yang menghubungkan dua bandara, rencananya akan modernisasi 20 terminal di tahun 2020, salah satunya Terminal Tirtonadi. 

Admin yang hanya sebagai masyarakat umum dan sebagai warga Solo, tentunya sangat senang dengan pembangunan infrastuktur transportasi berbasis masal yang semakin baik dan modern dan tentu saja dengan pembangunan infrastuktur trasnportasi juga diimbangi fasilitas yang memadai yang membuat masyarakat nyaman, harga terjangkau dan semakin mudah untuk bepergian saat menggunakan transportasi massal

Semoga masyarakat semakin menggemari menggunakan transportasi massal daripada menggunakan kendaraan pribadi, sehingga bisa mengurangi kemacetan, terutama di kota Solo ini.

Peron Stasiun Bandara-Solo Balapan tampak sisi selatan|pic Akarwangi.com

Jadwal Kereta Api Bandara|pic Akarwangi.com


Jalur Perjalanan Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo|pic Akarwangi.com



Rencana Frontliner Pendukung Kereta Api Bandara Adi Soemarmo|pic Akarwangi.com

Bangunan tampak luar, Bandara Adi Soemarmo Solo |pic Akarwangi.com


Detail Sarana Kereta Api Bandara Adi Soemarmo|pic Akarwangi.com





Waktu perjalanan Kereta Api Bandara|pic Akarwangi.com

No comments

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar di akarwangi.com .
Semoga bermanfaat