Breaking News

Masih Banyak yang Belum Tahu! Kacang Hijau Penurun Panas yang Alami

Kacang Hijau Penurun Panas ( pict depositphotos.com)

Akarwangi.com- Sobat Akar jika buah hati, suami, istri atau anggota keluarga sedang panas atau demam panik gak si? Jangan dianggap remeh ya Sob jika ada anggota keluarga kita ada yang panas/demam.

Ibuk Hu ingin sedikit berbagi tentang penurun Panas / demam yang alami , ini dia Kacang hijau. Tahu kan ya namanya kacang hijau? Udah sering makan kan? Sering mengolahnya juga kan?

Olahan kacang hijau beraneka ragam dari  Bubur kacang hijau, Sari kacang hijau, sebagai isian Bakpao, Isian bakpia, Kolak kacang hijau, Gulai Kacang Hijau dan sebagainya. Masya Allah, ternyata ya, kacang hijau dibuat apa saja itu enak ya Sob!  Nah kalau Sobat Akar suka yang mana? Ibuk Hu suka semuanya 😅😎

Kacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan, permukaannya berwarna hijau dan keras. Kacang hijau (Phaseolus radiatus) merupakan tanaman perdu yang tingginya dapat mencapai 3 meter. Daunnya berbentuk segi tiga jika diraba seperti ada bulu kasar.

Bunganya yang berwarna kuning atau hijau kekuning-kuningan.dan berbentuk kupu-kupu. Buahnya yang berbentuk polong, kulitnya berwarna hijau juga berbulu kasar dan bijinya hijau keras, biji dalamnya berwarna putih.

Kacang hijau yang mempunyai rasa manis dan bersifat netral. Yang mempunyai fungsi memperkuat limpa dan ginjal.

Kacang hijau juga mengandung asam amino, kandungan fosforny tinggi, juga mengandung fosfolipid.

Berdasarkan penilitian kacang hijau mempunyai kelebihan sebagai berikut :
1. Berkhasiat menurunkan panas,
2. Menetralkan racun patogenis yang disebabkan mikroorganisme.

Dan khasiat yang lainya yaitu :
1.Mencegah dan mengatasi beri-beri
2. Mengatasi Pembengkakan
3. Mengatasi peradangan ( seperti radang ginjal, radang kelenjar dan radang lambung)
4.Menyuburkan rambut
5. Menghaluskan kulit
Dan masih banyak lagi khasiat dari kacang hijau.

Kacang Hijau Penurun Panas

Salah satu khasiat yang ingin Ibuk Hu bagi adalah kacang hijau berkhasiat sebagai penurun  panas alami, jadi Sobat Akar, di rumah tak ada salahnya menyediakan kacang hijau. Jika ada anggota keluarga kita ada yang demam langsung aja rebuskan kacang hijau. Dan diminumkan saat hangat atau suhu normal.

Kacang hijau mempunyai kelebihan yang istimewa walau dimasak sampai hancur, khasiat menurunkan panas tidak akan hilang. Penurun panasnya di atas kacang merah kecil walaupun kacang merah kecil berkhasiat memperlancar buang air kecil dari pada kacang hijau.

Kacang hijau juga mempunyai kandungan kalsium, natrium, zat besi, asam amino, Vitamin B1 dan Vitamin C yang lebih tinggi dari taoge. 

Nah Sobat Akar, jadi kacang hijau bisa dijadikan salah satu pertolongan pertama  jika ada yang demam/ panas. Insya Allah membantu menurunkan panas/demam. Biidznillah.



Referensi. Sehat dengan Kacang Hijau, Hidup Sehat Cara Hembing buku.9

1 comment:

  1. Kalo ttg efekny yg mneyuburkan rambut aku udh tau. Apalagi diminum Ama ibu hamil, rambut anaknya biasanya bakal lebat. Makanya aku rrutin minum pas hamil mba.

    Tp baru tau yg ttg nurunin panas. Kayaknya bakal aku stok untuk di rumah. Kalopun sedang ga ada yg demam, tp setidaknya dimasak jd cemilan sore jg enak banget :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar di akarwangi.com .
Semoga bermanfaat